TUGAS KEWIRAUSAHAAN II
BISNIS PLAN CREPES
Oleh :
Kelompok 3
EVALDIANA ROSNI LENDO 150404020053
ERMELINDA OWA 150404020054
MARSELINA SAINA SETIA 150404020057
AGUSTA BATILMURIK 150404020068
YUSTINA MAYA 150404020071
KAROLINA YUNITA DIR 150404020073
PATRISIA FITRI DIANA 150404020074
BEATA AGHO 150404020092
PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS
UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG
2018
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Makanan ringan merupakan
salah satu makan yang paling digemari oleh masyarakat luas. Makanan ringan
dapat membantu untuk menahan lapar. Biasanya yang dipilih untuk menahan lapar
tersebut adalah roti, snake atau cemilan yang bisa dinikmati langsung rasanya.
Karena begitu banyak varian sajian makanan ringan, bisa dibilang bisnis makanan ringan sangat
menjanjikan. Alasannya, karena semua orang menyukai makanan ringan.
Crepes adalah salah satu makanan yang sangat digemari
oleh banyak masyarakat. Bentuknya yang tipis dan garing serta memiliki banyak
varian isi dan toping yang membuatnya digemari oleh semua kalangan. Krepes
sendiri merupahkan jajanan yang berasal dari benua Eropa. Crepes berarti
meringkuk yang diambil dari bahasa Prancis ‘Crispa’. Bila dilihat sekilas,
bentuk kue crepes memang seperti meringkuk karena pada saat disajikan, adonan
crepes ini sudah dilipat-lipat terlebih dahulu.
Sebagai salah satu jajanan
yang digemari masyrakat, mudah di olah, dan harganya terjangkau, maka dari itu
kami tertarik untuk membuat prodak jajanan crepes. Jajanan ini diharapkan dapat
diterima di lingkungan Universitas Kanjuruhan Malang, karena jajanan crepes
belum ada di daerah UNIKAMA. Untuk jajanan crepes ini, kami akan membuat dengan
beberapa varian rasa yaitu pisang coklat, pisang keju dan coklat keju.
B. Visi, Misi dan Tujuan
Visi :
Menciptakan produk yang bermanfaat dan banyak diminati masyarakat.
Misi :
1. Menciptakan rasa yang bervarian
2. Memberikan pelayanan yang baik pada pembeli
Tujuan :
Tujuan dari pembuatan produk
ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa serta sebagai salah satu
persyaratan untuk memenuhi mata kuliah Kewirausahaan II.
BAB II
RINGKASAN
BISNIS
A. Profil Usaha
Nama usaha :
Crepes
Jenis usaha : Kuliner
Alamat usaha : Jl.
Keben 2a. No 8a Universitas Kanjuruhan Malang
B. Gambaran Awal Usaha
Dalam
tahap awal untuk usaha crepes ini kami mendapatkan dana dengan cara
mengumpulkan uang dari masing-masing anggota kelompok, dimana dana yang
dikumpulkan setiap orangnya masingg-masing Rp 50.000 dengan total anggota 8
orang sehingga dana yang kami kumpulkan sebesar Rp 400.000
C. Aspek Produksi
- Produk usaha ini adalah crepes, sasarannya adalah mahasiswa UNIKAMA dan masyarakat sekitar. Jadi produk ini disesuaikan dengan sasaran tersebut. Selain itu produk ini di jamin halal dan enak.
- Alat dan Bahan
Bahan isi :
Pisang, coklat, keju,
Alat : Teflon, loyang,
kompor, sendok, pisau, talenan, parutan keju, centong
3.Cara
Membuat
1)
Kocok
susu dan telur yang ada dengan menggunakan whisk hingga capurannya merata dan
terlihat berbusa. Pastikan untuk mengocok hingga adonannya berbusa untuk
membuat adonan crepes lentur.
2)
Masukan
tepung terigu sedikit demi sedikit, ada baiknya jika memasukan tepung terigu
sambil di ayak agar tepungnya jatuh secara merata dan membuat proses
pencampuran lebih mudah.
3)
Masukan
baking powder kedalam campuran tadi dan kemudian aduk lagi hingga rata.
4)
Masukan
mentega yang telah dicairkan sebelumnya, kemudian aduk lagi hingga merata.
5)
Persiapkan
teflon yang akan digunakan untuk membuat crepes, panaskan teflon terlebih
dahulu.
6)
Setelah
teflonnya panas angkat dulu dari kompor, kemudian tuangkan satu centong andonan
crepes, lalu putar teflonnya hingga adonannya rata dan cukup tipis.
7)
Setelah
itu letakan kembali teflon diatas kompor. Ingatlah untuk memasak crepes harus
menggunakan api yang kecil agar tidak gosong.
8)
Sementara
adonan masih diatas kompor, letakan bahan isian diatasnya.
9)
Setelah
itu crepesnya dilipat hingga membentuk segi tiga (sesuai selera)
10) Angkat dan sajihkan
BAB III
ANALISIS SWOT
Strength ( Kekuatan)
- Rasanya enak
- Harganya cukup murah serta pelayanan yang baik
- Tempatnya strategis
Weakness ( Kelemahan)
- Harga bahan bakunya tidak tetap
- Belum terlalu populer di lingkungan Universitas Kanjuruhan Malang
- Crepes hanya bisa bertahan 1 hari saja
Opportunity (Peluang)
- Belum terlalu populer khususnya di lingkungan Universitas Kanjuruhan Malang
- Tidak banyak penjual yang merintis usaha tersebut
Threat (Ancaman)
- Banyak yang belum tau produk crepes
BAB IV
RENCANA KEUANGAN
A. Keuangan
- Usaha kami mendapat modal dari bagi modal yang terdiri dari 8 orang, per orangnya mengeluarkan modal Rp 50.000. Jadi modal awal kami sebesar Rp 400.000.
Kas Rp 400.000
Modal Rp
400.000
(setoran untuk modal awal)
Perlengkapan Rp
50.000
Kas Rp 50.000
(pembelian perlengkapan)
Peralatan Rp
50.000
Kas Rp 50.000
(pembelian peralatan)
Kas sementara Rp 300.000
2. Proyeksi
Penjualan
Harga penjualan :
Rp 2.500
Porsi :
50 buah
Rp 2.500 x 50 buah = Rp 125.000
3. Laporan
laba/rugi
Pendapatan :
Rp 2.500 x 50 buah = Rp 125.000
DAFTAR PUSTAKA
Mc Graw Hill. 2009. Pengantar Bisnis Understanding Business Edisi 8 Buku 1. Jakarta : Salemba Empat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar